>>

Johanna Jelita br Nainggolan | born on 19, sept 1992 | STMIK Pranata Indonesia | Information Teknologi | A. Nainggolan – S. Sihombing (Kansil)

Sabtu, 30 Juni 2012

contoh laporan KPL / Kunjungan Industri


baru-baru ini mahasiswa STMIK PRANATA INDONESIA khususnya jurusan Teknik Informatika melakukan Kunjungan Industri di Televisi Republik Indonesia (TVRI) dan Pusat Sains Antariksa LAPAN untuk memenuhi mata kuliah "Kuliah Pengenalan Lapangan" atau KPL.
berikut contoh laporan KPL / kunjungan industri, semoga dapat membantu (✿◠‿◠)

 
Laporan Kuliah Pengenalan Lapangan Pada Televisi Republik Indonesia dan Pusat Sains Antariksa LAPAN
LAPORAN KULIAH PENGENALAN LAPANGAN DISUSUN UNTUK MEMENUHI NILAI MATA KULIAH KULIAH PENGENALAN LAPANGAN

Disusun Oleh Kelompok 4:
Johanna Jelita Nainggolan  109110640090

Teknik Informatika Semester 2 Jenjang S1
STMIK PRANATA INDONESIA
Jl. Cut Mutiah No. 28 Bekasi, Telp.(021) 8806757
KATA PENGHANTAR
Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Kuliah Pengenalan Lapangan di Televisi Republik Indonesia (TVRI) dan Pusat Sains Antariksa LAPAN, ini dapat terselesaikan dengan baik tanpa kendala. Maksud dan tujuan penyusunan Laporan Kuliah Pengenalan Lapangan  ini adalah untuk melengkapi persyaratan mendapatkan nilai Mata Kuliah Pengenalan Lapangan dari Jurusan Teknik Informatika. Adapun penyusunan Laporan Kuliah Pengenalan Lapangan ini berdasarkan data-data yang diperoleh selama melakukan Kunjungan Industri, buku – buku pedoman, serta data-data dan keterangan dari pembimbing. Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Kuliah Pengenalan Lapangan ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada: Bapak Joni Rahmat selaku Pembicara Televisi Republik Indonesia (TVRI) dan Bapak Rizal serta Bapak Yoga Andria Pusat Sains Antariksa LAPAN yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melaksanakan Kunjungan Industri. Kepada  Bapak Uden, selaku Ketua Jurusan Teknik Informatika sekaligus pembimbing Kuliah Pengenalan Lapangan di Televisi Republik Indonesia (TVRI) dan Pusat Sains Antariksa LAPAN yang telah membimbing penulis selama berada disana.. Kedua orang tua dan saudara penulis yang telah mendukung dan memberikan doa restu. Dan Pihak-pihak yang tidak dapat penulis sebutkan , atas bantuan doa restu yang berhubungan dengan kegiatan Kuliah Pengenalan Lapangan. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan, karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan Kuliah Pengenalan Lapangan ini. Demikian kata pengantar ini Penulis buat, semoga dapat bermanfaat, khususnya bagi penulis sendiri dan pembaca pada umumnya.
Bekasi, Juni 2012

Johanna Jelita Nainggolan



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR  ............................................................................. 2
DAFTAR ISI ............................................................................................ 4
BAB   I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Penulisan Laporan....................................................... 5
B.     Maksud Penulisan Laporan.................................................................. 6
C.     Tujuan Penulisan Laporan.................................................................... 6
D.    Tempat, dan waktu Kuliah Pengenalan Lapangan .............................. 7
BAB II KAJIAN TEORI
A.     Sejarah Perusahan................................................................................. 9
B.    Misi, Visi dan Tujuan Perusahan.......................................................... 12
C.    Bidang Kegiatan / Usaha...............................................................        15
BAB   III REPORT HASIL PRODUK............................................. ...... 18
BAB   IV  KESIMPULAN DAN SARAN
A.     Kesimpulan ................................................................................... ...... 19
B.     Saran .................................................................................................... 19
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

 BAB I. PENDAHULUAN
A . Latar belakang
Di Era persaingan pasar global, kualitas Sumber Daya Manusia merupakan salah satu kunci penentu keberhasilan suatu negara. Keunggulan kualitas SDM merupakan potensi dasar untuk menciptakan keunggulan produk sesuai dengan permintaan pasar. Era globalisasi juga menuntut seseorang untuk terus meningkatkan kompetensi dan keahlian guna menghadapi persaingan yang semakin ketat. Selain kompetensi, hal yang tidak kalah penting adalah pengalaman, terutama pengalaman di lapangan yang berhubungan dengan kompetensi dan keahlian yang dimiliki seseorang tersebut. Keahlian atau ketrampilan seseorang juga harus ditunjang dengan adanya pengalaman kerja untuk mengetahui keadaan dunia kerja yang syarat akan persaingan. Kunjungan Industri merupakan salah satu sarana untuk memperkenalkan dunia kerja kepada masyarakat, salah satunya mahasiswa. Disamping untuk mengetahui kondisi dunia kerja, kunjungan industri juga sangat berperan dalam membentuk pola pikir dan semangat mahasiswa untuk berpikir ke arah yang lebih luas, sehingga diharapkan dapat tercipta mahasiswa yang kreatif dan tidak awam dengan dunia kerja dan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.
Kunjungan Industri yang dilaksanakan oleh mahasiswa Teknik Informatika STMIK PRANATA INDONESIA BEKASI  ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia agar nantinya dapat bersaing secara sehat di dunia kerja khususnya dalam bidang Teknik Informatika. Dengan adanya kunjungan industri ke Televisi Republik Indonesia (TVRI) dan Pusat Sains Antariksa LAPAN ini diharapkan antara mahasiswa dan perusahaan dapat saling bertukar informasi sehingga dapat menjalin hubungan yang saling menguntungkan.
B. Maksud Penulisan
Laporan Kuliah Pengenalan Lapangan ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya:
1.      Memenuhi nilai mata kuliah Kuliah Pengenalan Lapangan pada semester 2 tahun akademik 2011/2012
2.      Mengetahui gambaran yang realistis dalam dunia Industri
3.      Mengetahui proses-proses awal hingga finnish dalam suatu Perusahaan
4.      Menambah pengetahuan dan informasi tentang dunia kerja
C. Tujuan
ü  Untuk mengetahui bagaimana cara kerja penyiaran acara-acara melalui televisi.
ü  Sebagai tindak lanjut pembelajaran teori yang selama ini kita pelajari di kelas.
ü  Mengembangkan Pengetahuan di bidang IT


A.    Tempat dan Waktu Kuliah Pengenalan Lapangan
1.      Televisi Republik Indonesia (TVRI)
Jl. Gerbang Pemuda Senayan, Jakarta 10270,
PO. BOX 3256, Jkarta 10002. http://www.tvri.co.id
Tanggal : Selasa, 26 Juni 2012
Jam : 9.30 – 12.00 WIB

                        Gambar 1. Denah Televisi Republik Indonesia (TVRI)




2.      Pusat Sains Antariksa LAPAN
Jl. Dr Junjunan No 133 Husein Sastranegara Bandung,
Tanggal : Rabu, 27 Juni 2012
Jam : 13.00 – 15.00 WIB




BAB II. PROFIL
A.    Sejarah Perusahaan
o   Televisi Republik Indonesia (TVRI)
Televisi Republik Indonesia (TVRI) merupakan lembaga penyiaran yang menyandang nama negara mengandung arti bahwa dengan nama tersebut siarannya ditujukan untuk kepentingan negara. Sejak berdirinya tanggal 24 Agustus 1962, TVRI mengemban tugas sebagai televisi yang mengangkat citra bangsa melalui penyelenggaraan penyiaran peristiwa yang berskala internasional, mendorong kemajuan kehidupan masyarakat serta sebagai perekat sosial.

Dinamika kehidupan TVRI adalah dinamika perjuangan bangsa dalam proses belajar berdemokrasi. Pada tanggal 24 Agustus 1962 dalam era Demokrasi Terpimpin, TVRI berbentuk Yayasan yang didirikan untuk menyiarkan pembukaan Asian Games yang ke IV di Jakarta.
Memasuki era Demokrasi Pancasila pada tahun 1974, TVRI telah berubah menjadi salah satu bagian dari organisasi dan tata kerja Departemen Penerangan dengan status sebagai Direktorat yang bertanggungjawab Direktur Jenderal Radio, Televisi, dan Film.


Dalam era Reformasi terbitlah Peraturan Pemerintah RI Nomor 36 Tahun 2000 yang menetapkan status TVRI menjadi Perusahaan Jawatan di bawah pembinaan Departemen Keuangan . Kemudian melalui Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2002 TVRI berubah statusnya menjadi PT. TVRI (Persero) di bawah pembinaan Kantor Menteri Negara BUMN.
Selanjutnya, melalui Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, TVRI ditetapkan sebagai Lembaga Penyiaran Publik yang berbentuk badan hukum yang didirikan oleh Negara.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 13 Tahun 2005 menetapkan bahwa tugas TVRI adalah memberikan pelayanan informasi, pendidikan dan hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial, serta melestarikan budaya bangsa untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan penyiaran televisi yang menjangkau seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.


o   Sejarah Pusat Sains Antariksa LAPAN
Pada tanggal 31 Mei 1962, dibentuk Panitia Astronautika oleh Menteri Pertama RI, Ir. Juanda (selaku Ketua Dewan Penerbangan RI) dan R.J. Salatun (selaku Sekretaris Dewan Penerbangan RI).

Tanggal 22 September 1962, terbentuknya Proyek Roket Ilmiah dan Militer Awal (PRIMA) afiliasi AURI dan ITB. Berhasil membuat dan meluncurkan dua roket seri Kartika berikut telemetrinya.

Tanggal 27 November 1963, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dibentuk dengan Keputusan Presiden Nomor 236 Tahun 1963 tentang LAPAN.
Penyempurnaan organisasi LAPAN melalui :
·         Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 18 Tahun 1974,
·         Keppres Nomor 33 Tahun 1988,
·         Keppres Nomor 33 Tahun 1988 jo Keppres Nomor 24 Tahun 1994,
·         Keppres Nomor 132 Tahun 1998,
·         Keppres Nomor 166 Tahun 2000 sebagaimana diubah beberapa ­kali yang terakhir dengan Keppres Nomor 62 Tahun 2001,
·         Keppres Nomor 178 Tahun 2000 sebagaimana telah diubah beberapa kali yang terakhir dengan Keppres 60 Tahun 2001,
·         Keppres Nomor 103 Tahun 2001.


Lingkup Kegiatan
ü  Pengembangan teknologi dan pemanfaatan penginderaan jauh.
ü  Pemanfaatan sains atmosfer, iklim dan antariksa.
ü  Pengembangan teknologi dirgantara.
ü  Pengembangan kebijakan kedirgantaraan nasional.
B.     Misi Visi dan Tujuan Perusahaan
o   Televisi Republik Indonesia (TVRI)
Ø  Misi
                                                                                i.            Mengembangkan TVRI menjadi media perekat sosial untuk persatuan dan kesatuan bangsa sekaligus media kontrol sosial yang dinamis.
                                                                              ii.            Mengembangkan TVRI menjadi pusat layanan informasi dan edukasi yang utama.
                                                                            iii.            Memberdayakan TVRI menjadi pusat pembelajaran bangsa serta menyajikan hiburan yang sehat dengan mengoptimalkan potensi dan kebudayaan daerah serta memperhatikan komunitas terabaikan.
                                                                            iv.            Memberdayakan TVRI menjadi media untuk membangun citra bangsa dan negara Indonesia di dunia Internasional.
Ø  Visi
Terwujudnya TVRI sebagai media pilihan bangsa Indonesia dalam rangka turut mencerdaskan kehidupan bangsa untuk memperkuat kesatuan nasional yang bersifat edukatif dan mendidik.
o   Pusat Sains Antariksa LAPAN
Ø  Misi
                                                                    i.            Memperkuat dan melaksanakan pembinaan, penguasaan dan pemanfaatan teknologi roket, satelit dan penerbangan
                                                                  ii.            Memperkuat dan melaksanakan pembinaan, penguasaan dan pemanfaatan teknologi dan data penginderaan jauh.
                                                                iii.            Memperkuat dan melaksanakan oembinaan, penguasaan dan pemanfaatan sains antariksa dan atmosfer.
                                                                iv.            Mengembangkan kajian kebijakan Penerbangan dan antariksa nasional.
                                                                  v.            Mengembangkan system manajemen kelembagaan.
Ø  Visi
Terwujudnya kemandirian dalam IPTEK Penerbangan dan antariksa untuk meningkatkan kualitas kehidupan bangsa.
Ø  Tujuan
a)      Pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional di bidang penelitian dan Pengembangan kedirgantaraan dan pemanfaatannya.
b)      Koordinasi kegiatan fungsional dalam pelaksanaan tugas LAPAN.
c)      Pemantauan, pemberian bimbingan dan pembinaan terhadap kegiatan instansi pemerintah di bidang kedirgantaraan dan pemanfaatannya.
d)     Kerjasama dengan instansi terkait di tingkat nasional dan internasional.
e)      Penelitian, pengembangan dan pemanfaatan bidang penginderaan jauh, serta pengembangan bank data penginderaan jauh nasional dan pelayanannya.
f)       Penelitian, pengembangan dan pemanfaatan sain atmosfer, iklim antariksa dan lingkungan antariksa, pengkajian perkembangan kedirgantaraan, pengembangan informasi kedirgantaraan serta pelayanannya
g)      Penelitian, pengembangan teknologi dirgantara terapan, elektronika dirgantara, wahana dirgantara serta pemanfaatan dan pelayanannya.
h)      Pemasyarakatan dan pemasaran dalam bidang kedirgantaraan.
i)        Pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas semua unsur di lingkungan LAPAN.
j)        Penyelenggaraan, pembinaan pelayanan administrasi umum.
C.     Bidang Usaha dan Kegiatan
*      Televisi Republik Indonesia
Ada 4 bidang di TVRI Stasiun Jabar yakni :
o   Kepala Bidang Keuangan : Burdju Daeng
o   Kepala Bidang Personalia dan umum : Drs. Abdullah Setiawan
o   Kepala Bidang Teknik : Ir. Drs. Sentot Sudarsono
o    Kepala Bidang Program, Pemasaran,
Kendali Mutu dan Penunjang Produksi : Dani Ibrahim, BA23
o   Kepala Bidang Berita : Jamaluddin
Bidang Keuangan terdiri dari :
o   Seksi Perencanaan Anggaran dan Perbendaharaan
o    Seksi Akuntansi
Bidang Personalia dan Umum terdiri dari :
o   Seksi Manajemen Kawasan dan Layanan
o   Seksi Pengaduan dan Logistik
o   Seksi Hukum
o   Seksi Pengembangan SDM dan Kesejahteraan
Bidang Teknik terdiri dari :
o   Seksi Teknik Transmissi dan Prasarana
o   Seksi Teknik Produksi dan Penyiaran
Bidang Program, Pemasaran, Kendali Mutu dan Penunjang Produksi terdiri dari:
o   Seksi Program dan Kendali Mutu
o   Seksi Pendukung Produksi
o   Seksi Pemasaran dan Penjualan
*      Pusat Sains Antariksa LAPAN
o   Pengembangan teknologi dan pemanfaatan penginderaan jauh.
o   Pemanfaatan sains atmosfer, iklim dan antariksa.
o   Pengembangan teknologi dirgantara.
o   Pengembangan kebijakan kedirgantaraan nasional.
Kegiatannya:
1.      Pengembangan Teknologi Roket
2.      Pengembangan Teknologi Satelit
3.      Pengembangan Teknologi Penerbangan
4.      Pengembangan Teknologi  Penginderaan Jauh  dan  Bank Data
5.      Pengembangan Pemanfaatan Penginderaan Jauh
6.      Pengembangan Sains Atmosfer
7.      Pengembangan Sains Antariksa 
8.      Pengkajian Kebijakan dan Informasi Kedirgantaraan
9.      Operasi stasiun bumi penginderaan jauh cuaca,  pengamat geomagnet, meteo, dan atmosfer dan  Telemetri Tracking Commands (TTC) dan pekayanan pengguna
10.  Operasi Akuisisi dan pengolahan data satelit penginderaan jauh sumber daya alam  serta pelayanan pengguna
11.  Operasi Akuisisi data meteorologi, atmosfer dan Antariksa



BAB III. REPORT HASIL PRODUKI
*      Televisi Republik Indonesia
Study lapangan yang dilaksanakan di Stasiun Televisi Republik Indonesia di Jakarta pada tanggal 26 - juni  - 2012, yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa.  Secara khusus mahasiswa merasakan adanya sebuah motivasi yang besar suatu saat setelah lulus dari PRANATA INDONESIA bisa bekerja d salah satu stasiun televisi,atau bisa bekerja di rumah produksi.




*      Pusat Sains Antariksa LAPAN
Setelah melakukan Kuliah Pengenalan Lapangan pada Hari Rabu, 27 Juni 2012 di Pusat Sains Antariksa LAPAN, punulis merasakan fungsi dari acara kegiatan kunjungan industri ini. Mahasiswa dapat mengetahui bagaimana Perubahan gerak pada matahari, kenapa terjadinya Global Warming, Apa sebab dan akibatnya terhadap kelangsungan hidup manusia, seberapa penting peranan Information Technologi, program-program yang digunakan untuk melihat perputaran bumi mengelilingi matahari dan sebagainya.
Kami mahasiswa sangat terkesan atas menyambutan dan penyampaian teori, dan penulis berharap agar ini bukanlah kunjungan pertama dan terakhir tetapi semoga akan ada kunjungan-kunjungan berikutnya.








BAB IV.  Kesimpulan dan Saran
A. Kesimpulan
            Penulis sangat senang dalam melakukan kegiatan kunjungan industri dalam acara Kuliah Pengenalan Lapangan ini, kami dapat banyak pengalaman motifasi dan kesenangan, Televisi Republik Indonesia (TVRI) dan Pusat Sains Antariksa LAPAN adalah Perusahaan yang sangat luar biasa. Dalam Penyampaian materi atau praktik langsung sangat membantu Penulis untuk mengetahui seluk beluk Perusahaan, baik itu Televisi Republik Indonesia (TVRI) ataupun Pusat Sains Antariksa LAPAN, semakin memotivasi penulis dalam terjun langsung dibidang Perindustrian.
B. Saran
Beberapa  hal yang kami temukan di lapangan saat pelaksanaan Kunjungan Industri
yang sebagian kecil  justru tidak kami temukan saat  mengikuti pembelajaran
di kelas. Terkait dengan ini kami ajukan beberapa saran antara lain:
1. Kampus perlu memberikan penekanan pada penguasaan keterampilan yang
relevan dengan perkembangan teknologi di dunia kerja. Dengan demikian  mahasiswa dapat mengaplikasikan  ilmu dan keterampilan yang
diperoleh secara maksimal.
2. Kampus perlu memberikan penekanan pada masalah budaya kerja yang
berlaku pada instansi pemerintah maupun swasta. Dengan demikian 
apabila mahasiswa melakukan Kuliah Pengenalan Lapangan pada sehingga pada instansi dimaksud,  para mahasiswa akan dapat menyesuaikan diri dengan mudah.


DAFTAR PUSTAKA
Hasil Kunjungan Kuliah Pengenalan Lapangan di Televisi Republik Indonesia dan Pusat Sains Antariksa LAPAN